Senin, 01 Agustus 2016

MANTAP!! Setelah KTP untuk Seumur Hidp, SIM pun Kini tak Perlu Diperpanjang

Horeee...... Kabar Gembira! Kata Pemerintah, SIM Udah Nggak Perlu Diperpanjang, Gaes! Wajib Dibagikan.....

Sehabis sebelumnya pemerintah udah ngambil langkah yang efektif, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik berlaku seumur hidup, sekarang muncul keputusan baru yaitu SIM nggak perlu diperpanjang. Ketentuan ini diberlakuin buat SIM A,B maupun C.

Seperti yang sudah diketahui, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Jumat, 29 Januari 2016 sudah menerbitikan 2 Surat Edaran (SE) terkait perberlakuan KTP Elektronik yang berlaku seumur hidup. Dimana, dalam SE nomor 470/295/SJ itu, ditujuin ke para Menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga non kementerian. Sedangkan SE nomor 470/296/SJ yang juga dikeluarin 29 Januari 2016, ditujuin ke Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Dengan keluarnya keputusan tersebut, maka seluruh pemegang KTP Elektronik nggak perlu repot-repot memperbaharuinya, alias untuk seumur hidup.

Dua SE yang dikeluarin oleh menteri dalam negeri, bapak Tjahyo Kumolo itu adalah tindak lanjut atas berlakunya UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Beda sama keputusan tentang berlakunya KTP Elektronik seumur hidup yang terpublikasi dengan sangat cepat, kebijakan untuk tidak perlu memperpanjang SIM sangat minim dari pemberitaan. Tidak diketahui apa pertimbangan dan latar belakangnya, namun yang jelas informasi ini diketahui pada lingkungan yang terbatas. Bahkan, berita ini hanya berkembang lewat mulut ke mulut.

Perpanjangan SIM, baik A (buat mobil), B (kendaraan besar) dan C (sepeda motor) dianggap bakal ngerepotin banget buat masyarakat pengguna jalan raya. Nantinya, gelombang protes dipastikan bakal langsung berdatangan ke pihak Kepolisian RI. Terkait hal itu, keputusan resmi diambil, yaitu nggak perlu diperpanjang.

Berdasar keterangan, perpanjangan SIM nantinya bakal menyusahkan penggunanya dengan pasti. Ukuran SIM sekarang yaitu lebar 5 cm dan panjang 8,5 cm atau seukuran kartu ATM, dianggap udah ideal sekali untuk disimpan di dompet bersebelahan dengan KTP atau tanda pengenal lainnya. [Sumber: forum.suara.com]